WISATA EDUKASI D'EMBUNG PARK

  • Dec 31, 2023

Salah satu icon dan objek destinasi wisata edukasi di Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang adalah D’embung Park. Tempat wisata edukasi ini menawarkan daya tarik berupa kolam renang di tengah lahan perkebunan, pertanian, peternakan, kantin, aula terbuka, dan fasilitas bermain untuk anak-anak. Tempat wisata edukasi D’embung park mulai dirintis pada 29 Agustus 2019 periode ke-2 pemerintahan H. Sutikno Ilyas dan diresmikan oleh Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi MM. pada 29 Agustus 2020, dengan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang Hj. Anis Zaidah, Sekdakab Dr.Ir Wahyu Hidayat. MM, Kedisbupdar Dr. Made Arya Wedhantara. SH.Msi dan kepala dinas terkait. Dan H. Sutikno Ilyas mengaskan D’embung Park tersebut merupakan kolaborasi masyarakat desa dan pemerintahan desa untuk menciptakan destinasi wisata berbasis alam dengan memanfaatkan embung pertanian desa tersebut.  Semua biaya pembangunan ini bersumber dari Dana Desa dan semua pembangunannya sendiri juga dilakukan dengan melibatkan semua unsur elemen masyarakat di Desa Pandanmulyo, wisata ini dikolal oleh Bumdes Pandanmulyo dengan luas lahan 1,3 hektar yang merupakan lahan bengkok Desa.

Sejak awal masuk, pengunjung akan disambut oleh berbagai macam kebun bunga, kebun sayur, dan kebun buah, dan dilengkapi pula dengan petani yang berladang dilahan tempat wisata edukasi D’embung Park, dan D’embung Park sendiri juga menawarkan berbagai keguatan edukatif yang menarik, seperti berenang, memetik buah jambu dan jeruk, serta belajar tentang lingkungan alam sekitar dan dibagian belakang terdapat kolam ikan mujair dan ikan nila yang sengaja di budidaya dan hasilnya dibagikan untuk ibu hamil dan menyusui sebagai bentuk pencegahan untuk balita stunting di Desa Pandanmulyo.

Pada tanggal 29 Desember  2023, diadakan acara wisata edukasi di Taman D’embung Park, Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Acara ini dihadiri oleh siswa-siswi dari beberapa sekolah disekitar Malang. Dalam acara ini, para siswa diajak untuk belajar untuk belajar tentang perkebunan dan lingkungan alam sekitar melalui berbagai kegiatan edukatif yang disediakan oleh Pemerintah Desa Pandanmulyo di Taman Wisata Edukasi D’embung Park. Menurut salah satu pengunjung, “Taman wisata edukasi D’embung Park merupakan tempat wsiata yang sangat menarik dan edukatif. Saya dan anak-anak sangat menikmati kegiatan disini, terutama saat berenang dikolam renang yang sejuk ditengah perkebunan.”

Dengan konsep alam seperti ini, Kepala Desa Pandanmulyo, H. Sutikno Ilyas berharap, supaya anak-anak bisa belajar dan peduli dalam menjaga dan melestarikan alam dengan memberikan edukasi dan pemahaman mengenai pertanian, perkebunan, dan peternakan. Karena semenjak adanya smartphone, anak-anak sekarang jarang sekali mengenal lingkungan alam dan bahkan tidak jarang kita banyak menjumpai anak-anak yang tidak tertarik dan tidak peduli dengan lingkungan alam. Dengan adanya tempat wisata edukasi D’embung Park ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak-anak dan masyarakat terhadap pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar.