Jalan Sehat Selamatan Desa Pandanmulyo : Masyarakat Peduli Hidup Sehat

  • Dec 30, 2023
  • PANDANMULYO.TAJINAN

     Jalan sehat di Desa Pandanmulyo merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengajak masyarakat desa agar lebih peduli terhadap gaya hidup sehat serta meningkatkan kebersamaan dalam lingkungan desa. Kegiatan ini mendorong partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga orang dewasa, dalam menjaga kesehatan serta membangun hubungan yang erat di antara warga desa.

     Jalan Sehat Desa Pandanmulyo yang diadakan pada tanggal 20 Agustus 2023, masyarakat desa berkumpul di Taman Edukasi D'Embung Park. Kepala Desa Pandanmulyo Bapak Sutikno, menyampaikan “Jalan sehat bukan hanya sekadar kegiatan fisik rutin, tetapi lebih dari itu. Ini adalah wujud komitmen kita untuk menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan sesama anggota masyarakat. Melalui jalan sehat, kita berinvestasi pada kesehatan, mengurangi risiko penyakit, serta meningkatkan kualitas hidup. Melalui kegiatan jalan sehat, kita mempromosikan kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik secara teratur. Saya yakin bahwa melangkah bersama-sama adalah langkah awal menuju gaya hidup yang lebih sehat bagi seluruh masyarakat Desa Pandanmulyo.”

     Sebelum dilaksanakannya jalan sehat, persiapan dilakukan dengan seksama oleh panitia, mereka menentukan rute yang akan dilalui peserta, menyiapkan perlengkapan seperti mengorganisir keamanan dan fasilitas medis untuk mengantisipasi keadaan darurat. Para peserta jalan sehat siap melangkah menyusuri rute yang telah disiapkan. Perjalanan jalan sehat dimulai dengan semangat yang tinggi. Masyarakat berjalan bersama, menempuh rute yang telah ditentukan, sambil menikmati keindahan alam sekitar Desa Pandanmulyo.

     Selama perjalanan, terdapat pos-pos istirahat yang disiapkan dengan penyediaan air minum dan layanan medis ringan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan peserta sepanjang perjalanan. Setelah menyelesaikan rute yang telah ditentukan, peserta berkumpul kembali di titik akhir. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi hiburan ringan dan acara sosialisasi tentang kepemiluan dari Badan ADHOC KPU dengan memberikan ruang bagi peserta untuk bersantai dan berinteraksi lebih lanjut.

     Jalan sehat di Desa Pandanmulyo bukan sekadar olahraga, tetapi juga menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan dalam komunitas. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk berbagi pengalaman, menyemangati satu sama lain, serta membangun hubungan yang lebih dekat di antara sesama warga desa.

     Kegiatan jalan sehat mencerminkan komprehensifnya upaya mempromosikan gaya hidup sehat dan kebersamaan di Desa Pandanmulyo. Hal ini juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan serta menjalin hubungan yang lebih erat antar warga.